Yuk Simak Perbedaan Ban Radial dan Ban Bias

Daftar Isi

Perbedaan ban bias dan radial, perbedaan ban benang dan kawat

INDSUKMA
- Memahami perbedaan ban bias dan radial adalah satu langkah yang tepat sebelum Anda mengganti ban mobil.

Kedua jenis ban tersebut memberikan kenyamanan berkendara berbeda serta harga yang berbeda. Lalu apa itu ban radial dan ban bias ? Untuk lebih mudahnya, simak ulasannya sebagai berikut.

Apa Itu Ban Radial ?

Ban radial atau juga ban kawat adalah jenis konstruksi pneumatik yang terdiri dari benang polyester yang disusun pada sudut 90 derajat dari titik tengah telapak ban.

Benang polyester tersebut dilapisi dengan sabuk besi untuk meningkatkan stabilitas kerangka ban. Sehingga ban radial cocok digunakan untuk muatan berat. Seperti pada truk-truk besar.

Apa Itu Ban Bias ?

Ban bias atau dikenal dengan ban benang merupakan struktur pada ban berjenis pneumatik yang terdiri dari lapisan benang polyester yang dibentuk dengan sudut kurang dari 90 derajat, jika dilihat dari pusat telapak ban.

Susunan benang pada ban bias memiliki pola diagonal dan zig-zag. Lapisan casing dalam ban terbuat dari nilon. Ban ini juga dilengkapi dengan double bead, yang terbuat dari logam, untuk memperkuat pemasangan ban ke velg.

Perbedaan Ban Radial dan Ban Bias

Bahan Konstruksi

Perbedaan ban bias dan radial terletak pada konstruksi dari kedua jenis ban tersebut. Ban bias dibuat menggunakan lapisan serat nilon yang awalnya berbentuk lembaran cord, kemudian dibentuk menjadi rangka ban dengan pola zig-zag dengan sudut antara 40 hingga 65 derajat terhadap lingkaran ban.

Sementara ban radial terdiri dari lapisan serat baja yang disusun secara diagonal pada lingkaran ban, dengan sudut bentuknya mencapai 90 derajat atau lebih jika dilihat dari garis tengah ban.

Penggunaan Ban

Perbedaan ban radial dan bias berikutnya terletak pada penggunaan ban. Ban radial umumnya digunakan pada mobil penumpang karena bobotnya yang ringan dan kemampuannya untuk menahan panas pada kecepatan tinggi. Ban radial cocok digunakan pada mobil yang mengangkut penumpang sehari-hari.

Di sisi lain, ban bias biasanya digunakan pada kendaraan dengan muatan besar karena ketebalan telapaknya yang cocok untuk menopang beban muatan.

Daya Cengkram Ban

Ban radial memiliki keunggulan dibandingkan dengan ban bias karena daya cengkramnya yang lebih baik. Ketika digunakan untuk berjalan, ban radial akan tertekan ke dinding samping atau tetap tegak, berbeda halnya dengan ban bias yang tertekan ke arah depan dan belakang.

Perbedaan ini terjadi karena pola konstruksi ban antara benang dan kawat. Ban radial mampu membagi beban panas dengan lebih baik, sehingga lebih tahan terhadap keausan. Sehingga ban kawat ini sangat cocok untuk truk dengan muatan berat.

Daya Redam Ban

Perbedaan ban bias dan radial selanjutnya terletak pada daya redam ban tersebut. Dimana ban radial memiliki kemampuan yang lebih baik dalam meredam guncangan dibandingkan dengan ban bias.

Hal tersebut disebabkan oleh tingkat fleksibilitas yang lebih tinggi pada ban radial, sehingga ketika melintasi jalan bergelombang, guncangan yang dirasakan tidak begitu kuat.

Demikian pembahasan tentang perbedaan ban radial dan ban bias yang dapat jadikan referensi sebelum akhirnya mengganti ban.

Ikuti kami di Google News

FAQ 

Apa perbedaan dari ban bias dan ban radial?
Perbedaannya terletak dari struktur ban.
Apa kelebihan ban radial dibandingkan ban bias?
Ban radial memiliki daya redam yang lebih baik daripada ban bias.
Ban radial untuk kendaraan apa?
Ban radial cocok digunakan untuk mobil penumpang.